-->

Riset Keywords yang baik dan benar gratis.!

Android Toch lagi bingung cari cara riset keywords yang baik dan benar gratis.! lagi, nah kali ini saya akan bagi tipsnya supaya blog kamu kebanjiran pengunjung.
riset keywods baik dan benar

Dengan berkembangnya zaman yang makin ke sini makin canggih google terus mengupdate algoritme atau cara mereka dalam mengindeks dan meranking sebuah situs.
Hal tersebut selalu memberikan dampak yang signifikan terhadap cara seo yang kita lakukan.
Artinya kalau seo yang kita terapkan tidak sesuai dengan algoritme google maka kemungkinan kita mendapatkan peringkat di mesin pencari akan menjadi sangat berat.
Tapi dari sekian banyak cara seo ada satu cara yang tidak akan banyak berubah yaitu riset keywords atau riset kata kunci.


baca juga :

Apa Itu Riset Keyword..?

Riset keywords adalah strategi untuk mengindentifikasi frase atau kata yang di cari orang melalui mesin pencari termasuk volume pencarian dan persaingan frase atau kata yang dimaksudkan.
Riset keywords adalah kegiatan pertama dan terpenting dari keseluruhan aktivitas penerapan seo pada blog atau website bisnis.

Kenapa harus melakukan riset keyword?

Ada dua alasan kenapa kamu harus melakukan riset keywords.
1. riset akan memudahkan kita membuat konten yang memang dicari oleh banyak orang melalui mesin pencari, membuka peluang konten blog atau website bisnis kita ditemukan dengan mudah orang yang mencari informasi terkait dengan konten yang dimaksudkan.
2. riset akan memudahkan kita mencapai tujuan seo yang Anda  tetapkan (membangun trafik, membangun laed dan profit).

nah sekarang kita menuju ke pembahasaan kita yaitu..

gimanah sih cara riset keywords yang baik dan benar ..?

di sini saya punya beberapa langkah harus kamu lakukan.
1. Pahami search intent para pengguna mesin pencari
Search intent adalah tujuan atau alasan yang mendasari kenapa pengguna mesin pencari melakukan pencarian.
Ini perlu Anda pahami dengan baik karena akan sangat memudahkan Anda melakukan sebuah penargetan yang pas untuk tujuan seo Anda.
Terkait dengan search intent ada tiga jenis search intent yang perlu Anda ketahui
Pertama, Informational search intent(Informasi)
Orang mengetikkan keyword di search angine dengan tujuan untuk mencari informasi (panduan, tips, trik, cara) yang  terkait dengan solusi atas permasalahan yang mereka hadapi.
Kata kunci yang diketikkan biasanya nilai komersilnya kecil namun valume pencariannya besar.
Commercial Investigation search intent (Investigasi Komersial)
Orang mengetikkan keyword di search angine dengan tujuan mencari info tentang produk atau untuk mempelajari suatu produk.
Transactional search intent (transaksional)
Orang mengetikkan keyword dengan tujuan untuk membeli produk atau saat ingin mencari situs atau tempat untuk beli produk secara online.
Keyword transaksional ini memiliki volume pencarian sedikit tapi potensi komersilnya paling tinggi.
Alasannya adalah karena saat mereka mengetikkan kata kunci mindset mereka adalah ingin membeli.
Jadi tidak lagi mencari panduan atau yang lainnya.
Baik itu tu tadi adalah tiga jenis search intent para pengguna mesin pencari. Untuk selanjutnya gunakan tiga jenis search intent tersebut untuk melakukan riset kata kunci yang pas dengan tujuan seo Anda
2. Temukan Keyword Primer dari Niche atau Industri Blog Anda
Baik setelah anda sudah mengetahui search intent pengguna mesin pencari selanjutnya silakan lakukan riset kata kunci untuk menemukan kata kunci terbaik untuk blog anda.
Untuk langkah awal dalam mencari keyword adalah dengan melakukan brainstorning ide untuk menemukan keyword primer dari niche atau industri blog Anda.
Cara penerapannya seperti ini.
Pertama, siapkan kertas dan pena.
Kedua tentukan waktu brainstorming Anda, apakah lima menit sepuluh menit atau lebih.
Kalau saya untuk mencari keyword primer dari niche blog yang sudah sangat saya kuasai materi bahasannya biasanya hanya
Ketiga, pikir dan tuliskan apa saja topik bahasan yang sangat dekat dan berhubungan erat dengan niche atau industri blog Anda.
Dalam hal ini ,pikir dan tuliskan semua hal yang terlintas di pikiran Anda, tidak usah berpikir terlalu mendalam karena biasanya sesuatu yang primer itu adalah sesuatu sudah sangat familiar bagi Anda atau pun bagi orang lain di luar sana.
Saya kasih contoh misal Anda punya blog di industri menulis maka Anda bisa hasil brainstorming bisa seperti ini:
Panduan menulis buku, cara menulis buku, cara menulis artikel, cara menulis novel, cara menulis cerpen, cara menerbitkan buku, cara mengirim artikel ke majalah, seminar menulis, kursus menulis, workshop menulis, training menulis, buku panduan menulis dan lain-lain.
Sampai di sini Anda pasti sudah mulai memahaminya.
Intinya di tahap ini adalah Anda mencari atau memprediksi hal-hal apa saja yang kemungkinan besar dicari dan dibutuhkan oleh banyak orang di luar sana.
3. Gali keyword turunan dari keyword primer
Setelah langkah kedua sudah Anda lakukan, selanjutnya silakan Anda lakukan langkah yang ketiga yaitu gali dan temukan keyword turunan dari keyword primer yang sudah Anda temukan.
Kenapa harus demikian?
Alasannya sederhana.
Pertama, untuk mendapatkan lebih banyak keyword  sehingga lebih banyak konten yang bisa Anda buat dan Anda optimalkan.
Jadi begini dalam banyak kasus yang pernah saya jumpai terkait keyword primer kebanyakan keyword primer itu sifatnya masih umum tidak spesifik atau pun belum spesifik.
Misal seperti ini, saya punya keyword primer cara menulis buku.
Itu masih sangat umum.
Padahal kalau kita mau menggali lagi, kita bisa temukan keyword turunan dari keyword cara menulis buku tersebut.
Misalnya cara menulis buku biografi, cara menulis buku ilmiah, cara menulis buku best seller dan lain-lain.
Bayangkan kalau Anda melewatkan atau tidak menggali keyword turunan ini maka Anda akan kehilangan beberapa keyword yang dapat Anda optimalkan untuk optimasi konten blog Anda.
Kedua, keyword primer memiliki tingkat persaingannya relatif tinggi meskipun jumlah pencarinya banyak.
Jadi jika masih di awal anda membidik keyword primer maka bisa memberatkan Anda, upaya optimasi Anda pasti akan jauh lebih susah.
Karenanya sangat disarankan untuk mencari keyword turunan dari keyword primer, hal ini dimaksudkan supaya pekerjaan seo Anda tidak terlalu berat, sehingga upaya Anda untuk bisa mengoptimalkan konten blog untuk masuk ke halaman depan mesin pencari atau ranking sepuluh besar juga akan jauh lebih ringan.
Terkait dengan menemukan keywordturunan dari keyword utama Anda bisa memanfaatkan google auto complate atau pun menggunakan web base tools ubersuggest.io
Cara kerjanya seperti ini.
Menggunakan google auto complate
Pertama silakan Anda buka google.co.id
Kemudian ketikkan ide utama atau short keyword yang Anda miliki, tapi ingat jangan di tekan enter.
Cukup ketikkan saja kemudian perhatikan kata yang muncul otomatis yang di sarankan oleh google untuk Anda.
Contohnya seperti berikut ini:
contoh riset keywords
Anda perhatikan dari keyword primer cara menulis buku, kita juga akan mendapatkan langsung keyword turunan yang juga bisa kita analisis dan kita optimalkan nantinya.
Lakukan cara yang sama untuk ide-ide utama Anda yang lainnya.
Tapi cara ini lama, bisa menguras waktu dan tenaga.
Karenanya jika Anda tidak suka yang lama Anda bsia gunakan cara keduanya.
Menggunakan ubersuggest.io
Cara penggunaaan tools ini jauh lebih mudah dan lebih cepat.
Pertama kamu buka dulu situs ubersuggest.io
Kedua ketikan ide utama Anda pada kolom search, buat pengaturannya untuk web dengan target Indonesia.
contoh ubersuggest io
Kemudian tekan enter
Setelah puluhan bahkan ratusan ide keyword akan disuguhkan untuk Anda.
Contohnya seperti berikut ini untuk ide bahasan cara menerbitkan buku.
contoh-keyword-turunan-ubersuggest-1
contoh-keyword-turunan-ubersuggest-2
Apa yang saya kasih lihat pada Anda di atas hanya sebagian saja dan baru untuk satu ide pembahasan saja.
Tapi kita sudah bisa bisa lihat ada banyak ide keyword yang dapat kita gunakan.
Lakukan cara yang sama untuk semua ide bahasan yang sudah anda miliki sebelumnya.
Tapi perlu diingat untuk satu ide bahasan yang anda masukkan segera download data yang Anda dapatkan supaya tidak hilang caranya Anda klik tombol download all di bagian atas.
download-ubersuggest
tampilan ubersugest.io
Maka secara otomatis semua data yang di tampilan akan terdownload dan tersimpan di komputer atau leptop Anda.

4. Analisa Volume Pencarian Keyword
Setelah Anda sudah dapatkan semua keyword Anda langkah selanjutnya silakan Anda lakukan analisa volume pencarian keyword.
Ini untuk memastikan bahwa keyword yang Anda punya memang ada pencarinya di search angine.
Cara melakukannya adalah seperti ini.
Kemudian Anda akan di bawa ke halaman seperti gambar di bawah ini.
masuk-adword
Setelah itu silakan Anda klik masuk ke adword.
Kemudian silakan Anda masuk ke akun gmail Anda.
Kemudian Anda akan di bawah ke halaman seperti berikut ini:
halaman-perencana-kata-kunci
Kemudian silakan Anda klik pada teks “dapatkan data dan tren volume pencarian.
Kemudian di pada kolom opsi satu silakan Anda masukkan kata kunci Anda.
masukkan-kata-kunci
Setelah itu silakan tombol klik “dapatkan volume pencarian.
Maka inilah hasilnya.
laporan-volume-pencarian
Anda perlu pahami saat data sudah di tampilkan selanjutnya silakan Anda unduh data tersebut.
Setelah itu silakan Anda cek, untuk keyword yang tidak ada pencarinya silakan Anda hapus, sedangkan untuk yang ada Anda simpan.
Karena keyword yang ada pencarinya itulah yang nanti akan dioptimalkan.
Lakukan cara yang sama untuk semua keyword kamu.

nah saya rasa cukup postingan saya mengenai riset keywords yang baik dan benar gratis.! semoga bermanfaat, jika postingan saya kurang berkenan silahkan beri saya kritikan tentang postingan ini di kotak komentar

0 Response to "Riset Keywords yang baik dan benar gratis.!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel