-->

cara submit sitemap di webmaster

Android Toch hai sobat blogger, mau share ilmu nih. kemaren saya dapet pertanyaan dari teman saya di facebook. gimanah si caranya biar blog kita terindex oleh google..?
nah disini saya akan menjelaskan caranya,,
Androidtoch.blogspot.com

Yang pertama kita bahas dulu pengertian sitemap.
Sitemap adalah daftar URL sebuah situs beserta metadata nya. Ibarat Tenda, sitemap adalah daftar penghuni tenda tersebut, jika nantinya ada pembagian makanan, dengan mengetahui jumlah penghuni tenda tersebut maka akan mudah memetakan pembagian secara adil.

Begitu juga sitemap, dengan memberitahukan isi sitemap ke google, akan dengan mudah Robot google melakukan crawl atau perayapan ke blog kita. Namun harus di pahami juga, sitemap yang sedang kita bicarakan kali ini bukan sitemap/daftar isi yang biasa kamu buat di blog atau di pasang di widget, namun sitemap ini berformat .XML.
jika kamu belom bisa membuat sitemap kamu bisa membaca di sini Cara membuat sitemap di blogger

Sitemap berupa file XML mengandung metadata yang memberikan ijin kepada google untuk merayapinya hingga postingan terbaru.

Web crawler akan menemukan halaman sebuah situs dari link link di dalamnya bahkan dari situs lain. Sitemap menyediakan data data link itu dan mengijinkan crawl yang suport sitemap untuk menjelajahi demua URL yang ada di dalamnya, lalu menganalisa masing masing URL tersebut dengan menggunakan meta data yang menyertainya.

Karena keutamaanya itu sobat, makanya penting sekali situs/blog kita di daftarkan ke google Webmaster tool agar cepat terindex google. Dan tips ini bisa di bilang SEO yang paling murah dan ampuh.

Nah sekarang pengertian webmaster nya.

mungkin dari kalian sudah membaca atau mendengar seratus kali bahkan seribu kali apa arti webmaster mungkin sebagian orang menggunakan sebutan yang berbeda tentang frovesi yang satu ini. di antara mereka ada yang menggunakan istilah web designer, web developer, web administrator atau web programer. sebagian lainya tak jarang mengaitkan dengan judul provesional spesifik seperti web guru, web creator, web inatrix (panggilan webmaster perempuan biasanya). dan web maestro (orang yang bertanggung jawab atas jalannya sebuah website/blog).

nah sekarang bagian penjelasanya..

webmaster adalah seorang (grup) yang bertanggung jawab untuk mengelola website/blog dan menjaganya agar tetap dapat berjalan. mengelola berarti melakukan pekerjaan membuat, mengupdate dan mengembangkan program.
menjaga berarti membuatnya tetap eksis, bisa di nikmati pengunjung, terhindar dari kerusakan dan usaha pelanggaran. baik yang datang dari luar atau dalam, apakah di sebabkan karena sofware atau karena perilaku manusia.

bila kita meninjau dari deskripsi keahlian, webmaster bisa di katakan seorang
mahir dalam teknologi Html dan Javascrip.
menguasai menggunakan ms frontpage dan dreamweaver.
dapat bekerja dengan oprasi UNIK (LINUX/BSD) dan window NT/2000.
dapat bekerja dengan webserver (apache,IIS).
efisien dalam file management dan site maintance.
mampu memberikan informasi yang di butuhkan end user.
aktiv melakukan pengarsipan dan record-record log.
memiliki skill menulis dan berpengalaman menggunakan aplikasi word processor.

nah jika sudah paham apa itu webmaster tool, mari kita menuju ke topik pembahasaan kita yaitu cara paling ampuh submit sitemap di webmaster tools.

kamu masukan code code ini

  1. Sitemap.xml
  2. feed/posts/default?orderby=update


tapi ada ko selain dua code di atas, masukan satu persatu yah.


  1. jika postingan blog kamu masih kurang dari 500 namun jumlahnya sudah ratusan pakai code ini  atom.xml?redirect=false&star-index=1&max-results=500


 2. jika postingan blog kamu lebih dari 500 dan di bawah 1000, pakai code yang ini
atom.xml?redirect=false&star-index=1#max-results=500 dan atom.xml?refirect=false&start-index=501&max-results=500

Jika postingan blog kamu lebih dari 1000 gunakan metode diatas untuk kelipatan 500 articel.
langakah pertama untuk mnsubmit sitemap di webmaster.

 1. kamu kunjungi dulu situsnya webmaster tool, kemudian kamu akan melihat tampilan seperti ini
 2. kamu click bagian yang sudah saya lingkari warna merah, kemudian kamu akan melihat tampilan seperti ini
Baca juga nih : 
 3. nah disini kamu click Perayapan sepeti yang sudah saya lingkari warna merah. kemudian akan ada tampilan seperti ini
 4. lalu kamu click Peta Situs sperti yang sudah saya lingkari warna merah. kemudian akan ada tampilan lagi seperti ini
 5. click Tambahkan Peta Situs seperti yang sudah saya lingkari warna merah lagi. nah yang ini adalah yang terahir lihat gambar di bawah
di sini di bagian terakhir dan langkah terakhir kamu isi code tadi yang sudah saya tulis di atas yang sudah kamu kopas, masukan satu persatu di bagian yang sudah saya beri contoh bertuliskan warna merah SITEMAP.XML, jika sudah kamu ulangi cara yang sama dari molai bagian langkah no 4, sampai code yang sudah saya tulis di atas sudah di tempel semua di colom situ.

kemudian jika semuanya sudah kamu click Kirim seperti yang sudah saya lingkari warna merah di bagian no 5, tapi jika mau di uji dulu apakah benar apa tidak silahkan kamu click bagian Uji di samping sebelah kiri tulisan Kirim yang saya lingkari warna merah.

nah kayaknya udah siap nih robot google akan langsung merayapi situs web/blog kamu.

sebenarnya sih submit sitemap di webmaster tool gak usah juga gapapa, tapi alangkah baiknya submit supaya robot google tidak lama untuk merayapi situs /laman kamu, coba bayangkan jika laman kamu atau content kamu udah ratusan bahkan sampai jutaan berapa lama robot google akan merayapi semua..

nah sekarang tinggal nunggu supaya blog/web kamu terindex oleh google.

sekian dan terimakasih semoga postingan tentang cara paling ampuh submit sitemap di webmaster tools, membantu dan menambah pengetahuan kamu, supaya blog/web kamu cepat terindex oleh google dan berkembang.

jika ada pertanyaan silahkan tanya di kotak komentar di bawah.

0 Response to "cara submit sitemap di webmaster"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel